A. Riwayat Singkat
Hidup Imam Ahmad bin Hanbal dan Imam Ibnu Taimiyah
1. Riwayat Singkat
Hidup Imam Ahmad Bin Hanbal
Imam Ahmad bin Hambal dilahirkan di Baghdad
tahun 164 H/780 M, dan meninggal 241 H/855 M. Ia sering dipanggil Abu Abdillah
karena salah seorang anaknya bernama Abdillah. Ia lebih dikenal dengan nama
Imam Hambali karena menjadi pendiri madzhab Hambali. Ibunya bernama Shahifah
binti Maimunah binti Abdul Malik bin Sawadah binti Hindur Asy-Syaibani,
bangsawan Bani Amir. Ayahnya bernama Muhammad bin Hambal bin Hilal bin Asas bin
Idris bin Abdullah bin Hayyan bin Abdullah bin Anas bin Auf bin Qosit bin Mazin
bin Syaiban bin Dahal bin Akabah bin Sya’b bin Ali bin Jadlah bin As’ad bin
Rabi’al Hadis bin Nizar. Di dalam keluarga Nizar ini tampaknya Imam Ahmad
bertemu dengan keluarga nenek moyangnya nabi Muhammad SAW (Rozak & Rohison,
2012).
Di antara murid-murid Imam Ahmad adalah Ibnu
Taimiyah, Hasan bin Musa, Al-Bukhori, Muslim, Abu Daud, Abu Zuhrah al-Damsyiqi,
Abu Zuhrah al-Razi, Ibnu Abi al-Dunya, Abu Bakar al-Asram, Hambal bin Ishaq
al-Syaibani, Shalih, dan Abdullah. Kedua nama yang disebutkan terakhir
merupakan putranya.
2. Riwayat Singkat
Hidup Imam Ibnu Taimiyah
Nama
lengkap Ibn Taimiyah adalah Taqiyyuddin Ahmad bin Abi Al-Halim binTaimiyah.
Dilahirkan di Harran pada hari senin tanggal 10 rabiul awwal tahun 661 H dan
meninggal di penjara pada malam senin tanggal 20 Dzul Qaidah tahun 729 H.
Kewafatannya telah menggetarkan dada seluruh penduduk Damaskus, Syam, dan
Mesir, serta kaum muslimin pada umumnya. Ayahnya bernama Syihabuddin Abu Ahmad
Abdul Halim bin Abdussalam Ibn Abdullah bin Taimiyah, seorang syekh, khatib dan
hakim di kotanya (Ahmadi Thoha, 1982).
Dikatakan
oleh Rozak dan Rohison (2012:139) bahwa ibn Taimiyah merupakan seorang tokoh salaf
yang ekstrim karena kurang memberikan ruang gerak leluasa kepada akal. Ia
adalah murid yang muttaqi, wara, dan zuhud, serta seorang
panglima dan penentang bangsa tartas yang berani. Selain itu ia dikenal sebagai
seorang muhaddits, mufassir, faqih, teolog, bahkan
memiliki pengetahuan luas tentang filsafat. Ia telah mengkritik khalifah Umar
dan khalifah Ali bin Abi Thalib. Ia juga menyerang Al-Ghazali dan Ibn Arabi.
Kritikannya ditujukan pula pada kelompok-kelompok agama sehingga membangkitkan
para ulama sezamannya. Berulang kali Ibn Taimiyah masuk kepenjara hanya karena
bersengketa dengan para ulama sezamannya.
B. Pemikiran Teologi
Imam Ahmad bin Hanbal dan Imam Ibnu Taimiyah
1) Pemikiran Teologi
Imam Ahmad bin Hambal
a. Ayat-ayat
mutasyabihat
Dalam
memahami ayat-ayat Al-Qur’an, Imam Ahmad bin Hambal lebih menyukai pendekatan
lafdzi (tekstual) daripada pendekatan takwil, terutama yang berkaitan dengan
sifat-saifat Tuhan dan ayat-ayat mutasyabihat. Hal itu terbukti ketika ia
ditanya tentang penafsiran ayat: “Tuhan yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di
atas Arsy.”(Q.s. Thaha: 50). Dalam hal ini Ibn Hanbal menjawab “Bersemayam
diatas arasy terserah pada Allah dan bagaimana saja Dia kehendaki dengan tiada
batas dan tiada seorangpun yang sanggup menyifatinya”.
Dan ketika
ditanya tentang makna hadist nuzul (Tuhan turun kelangit dunia), ru’yah
(orang-orang beriman melihat Tuhan diakhirat), dan hadist tentang telapak kaki
Tuhan, Ibn Hanbal menjawab: “Kita mengimani dan membenarkannya, tanpa mencari
penjelasan cara dan maknanya” (Rozak & Rohison, 2012:137).
Dari
pernyataan diatas, tampak bahwa Ibn hanbal bersikap menyerahkan (tafwidh)
makna-makna ayat dan hadist mutasyabihat kepada Allah dan Rasul-Nya, Ia sama
sekali tidak mena’wilkan pengertian lahirnya.
b. Tentang Status
Al-Qur’an
Ibnu
Hambal tidak sependapat dengan faham Mu’tazilah, yakni Al-Qur’an tidak bersifat
qadim, tetapi baru dan diciptakan. Faham adanya qadim disamping Tuhan, berarti
menduakan Tuhan, Sedangkan menduakan Tuhan adalah Syirik dan dosa besar yang
tidak diampuni oleh Allah (Rozak & Rohison, 2012:138).
Ibn Hanbal tidak mau membahas lebih lanjut
tentang status Al-Qur’an. Itu dapat dilihat dari salah satu dialog yang terjadi
antara Ishaq bin Ibrahim, gubernur Irak dengan Ahmad Ibn Hanbal (Harun
Nasution, 1986:62-63). Ia hanya mengatakan bahwa al-Qur’an tidak diciptakan.
Hal ini sejalan dengan pola pikirnya yang menyerahkan ayat-ayat yang
berhubungan dengan sifat Allah kepada Allah dan rasul-Nya.
2) Pemikiran Teologi
Imam Ibnu Taimiyah
Berikut ini
pandangan Imam Ibnu Taimiyah tentang sifat-sifat Allah yang di ungkapkan oleh
A. Yusuf (1993) dan juga Rozak dan Rohison (2012), yaitu:
a. Percaya
Sepenuh hati terhadap sifat-sifat Allah yang Ia sendiri atau Rasul-Nya
menyifati. Sifat-sifat yang dimaksud adalah:
v
Sifat
salbiyah, yaitu qidam, baqa, muhalafatu lil hawaditsi, qiyamuhu
binafsihi, dan wahdanniyah.
v
Sifat
ma’nawi, yaitu qudrah, iradah, samea, bashar, hayat, ilmu, dan kalam.
v
Sifat
khabariah (sifat-sifat yang diterangkan Al-Qur’an dan Hadis walaupun
akal bertanya tentang maknanya). Seperti keterangan yang menyatakan bahwa Allah
dilangit; Allah diatas Arasy; Allah turun kelangit dunia; Allah dilihat oleh
orang beriman diakhirat kelak; wajah, tangan dan mata Allah
v
Sifat
dhafiah, meng-idhafat-kan atau menyandarkan nama-nama Allah pada
alam makhluk, rabb al-amin, khaliq al-kaum. Dan falik al-habb wa
al-nawa.
b. Percaya
sepenuhnya terhadap nama-nama-Nya, yang Allah dan Rasul-Nya sebutkan, seperti al-awwal,
al-akhir, azh-zhahir, al-bathin, al-alim, al-qadir, al-hayy, al-qayyum,
as-sami, dan al-bashir.
c. Menerima
sepenuhnya nama-nama Allah tersebut dengan tidak mengubah makna yang tidak
dikehendaki lafadz, tidak menghilangkan pengertian lafazd, tidak
mengingkarinya, tidak menggambarkan bentu-bentuk Tuhan, dan tidak menyerupai
sifat-sifat-Nya dengan sifat-sifat makhluknya.
Muhammad Arsyad Farisi - Universitas Islam Attahiriyah
Berdasarkan
ulasan di atas Ibnu Taimiyah tidak menyetujui penafsiran ayat-ayat mutsyabihat.
Menurutnya, ayat atau Hadist yang menyangkut sifat-sifat Allah harus diterima
dan diartikan sebagaimana adanya, dengan cacatan tidak men-tajsim-kan, tidak
menyerupakanNya dengan makhluk, dan tidak bertanya-tanya tentangNya.
Harrah's Cherokee Casino Resort Map & Directions
BalasHapusHarrah's Cherokee Casino 경상북도 출장마사지 Resort - Find your way around 거제 출장안마 the casino, find where everything is located with 정읍 출장안마 these helpful guides!Are 보령 출장안마 there other casinos in the area with the 통영 출장안마 Harrah's Cherokee Casino Resort?Is Harrah's Cherokee Casino Resort safe?