Home » , » C. Qabil dan Habil (Kriminal Pertama yang Terjadi di Muka Bumi)

C. Qabil dan Habil (Kriminal Pertama yang Terjadi di Muka Bumi)



Qabil dan Habil adalah dua anak pertama Nabi Adam. Syariat Allah kala itu mengharuskan seorang anak tidak boleh kawin dengan saudara kembarnya. Hawa selalu melahirkan anak kembar laki-laki dan wanita. Qabil menginginkan dia kawin dengan saudara kembarnya yang secara hukum adalah menjadi hak saudaranya. Maka, Habil menolaknya.
Kemudian keduanya menyelenggarakan upacara kurban. Allah menerima kurban Habil yang berupa domba yang sangat baik. Tetapi, Allah menolak kurban Qabil yang berupa hasil cocok tanam yang sangat jelek. Qabil iri dengan kejadian ini dan dia membunuh saudaranya. Inilah kriminal pertama yang terjadi di muka bumi yang dilakukan oleh anak manusia.
Allah berfirman,
وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَأَ ابْنَيْ آدَمَ بِالْحَقِّ إِذْ قَرَّبَا قُرْبَانًا فَتُقُبِّلَ مِنْ أَحَدِهِمَا وَلَمْ يُتَقَبَّلْ مِنَ الآخَرِ قَالَ لأقْتُلَنَّكَ قَالَ إِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللَّهُ مِنَ الْمُتَّقِينَ
“Ceriterakanlah kepada mereka kisah kedua putra Adam (Habil dan Kabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Kabil). Ia berkata (Kabil): "Aku pasti membunuhmu!" Berkata Habil: "Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa".” (Al-Maidah : 27)

0 komentar:

Posting Komentar